Metamorforce

The Guard of Nature

Oleh Wisnu M

Kamis, 27 Desember 2012 adalah hari yang mungkin tak terlupakan karena saya melakukan kegiatan yang belum pernah saya lakukan sebelumnya yaitu SUSUR PANTAI, yang di mulai dari desa Tanggul Angin di Kebumen sampai dengan Pantai Suwuk . Jumlah peserta yang ikut SUSUR PANTAI adalah 23 orang, walaupun jumlah pesertanya tidak begitu banyak tapi perjalanannya tetap asyik. Meski sebelum melakukan kegiatan tersebut turun hujan yang begitu deras tapi itu tak menjadi penghalang untuk tidak jadi melaksanakan kegiatan tersebut. Kita berangkat ke desa Tanggul angin dengan menaiki bus. Kira – kira pukul 07.20 kami sampai ditempat tujuan, tanpa menunggu lama kami langsung memulai perjalanan. Kami memulai perjalanan dalam keadaan hujan tapi kamu tetap berjalan setelah sekian lama berjalan hujan pun reda dan mataharipun mulai menampakan sinarnya.

Kami beristirahat sejenak untuk menikmati pemandangan laut yang begitu luas dan memakan sebagian bekal yang kami bawa. Istirahatpun selesai  kami melanjutkan perjalanan dengan mengambil sampah – sampah plastic yang berserakan yang mengurangi indahnya pemandangan pantai. Selesai mengambil sampah – sampah kami melanjutkan perjalanan  dengan ditemani oleh teruknya matahari. Saat perjalanan saya melihat dari kejauhan terlihat seperti  sebuah candi yang terkubur oleh pasir, tapi ternyata setelah mendekat itu adalah sebuah puing – puing kapal yang cukup besar yang tengkurab dalam raktu yang cukup lama. Matahari semakin ke barat sekitar pukul 10.45 kami sampai dipantai Petanahan. Kami beristirahat sejenak untuk melepas lelah. Lelahpun hilang kami melanjutkan perjalanan, diperjalanan yang begitu panas, matahari memperlihatkan sebuah pemandangan yaitu HALO MATAHARI yang begitu indah. Matahari menggelincir diatas kepala, walaupun cuaca sangat panas tapi kami tetap semangat untuk meneruskan perjalanan hingga sampai pantai suwuk. Sekitar pukul 13.30 kami sampai dipantai bopong. Kami beristirahat  untuk melepas lelah dan sholat. Setelah sholat kami berkumpul sebentar, pada saat kumpul tersebut terbentuklah tim Pecinta Alam. Kira – kira pukul 14.30 kami melanjutkan perjalanan. Beberapa jam melanjutkan perjalanan pantai suwukpun mulai terlihat dari kejauhan, kami terus berjalanan, pada pukul 16.00 hami sampai dipantai suwuk, sungguh senangnya karena telah sampai tempat tujuan. Di pantai suwuk kami menikmati pemandangan laut di sore hari yang begitu indah dan sambil melepas lelah setelah sekian lama berjalan. Pada pukul 17.00 kami pulang dengan menaiki truk kecil. Begitu indah pengalaman kali ini walaupun kaki terasa sedikit pegal tapi ingin rasanya melaksanakan kegiatan seperti itu lagi hingga bisa menyusuri pantai di pulau Jawa,,,,,,,,,,,,,,hEe