Metamorforce

The Guard of Nature

بسم الله الرحمن الرحيم

"Metamorforce" adalah suatu komunitas yang anggotanya terdiri dari sekelompok masyarakat yang peduli akan kelestarian alam dan terciptanya lingkungan yang sehat bagi makhluk hidup di dunia. Komunitas ini dibentuk karena adanya keprihatinan beberapa inisiator komunitas akan rendahnya kesadaran bahwa kita hidup di alam dan lingkungan yang sedang terancam kerusakan. Terlebih lagi adanya anggapan bahwa para pecinta lingkungan dan pecinta alam adalah kumpulan orang-orang yang justru tidak peduli akan kelestarian alam yang kegiatannya hanya outbound, hiking, naik gunung dan sebagainya, sementara kegiatan untuk melestarikan alam dan menjaga lingkungan tidak ada sama sekali. Lebih parah lagi ada anggapan komunitas pecinta alam hanya terdiri dari orang-orang yang rendah kemampuan akademiknya. Atas dasar itulah dibentuk sebuah komunitas pecinta alam dan lingkungan yang kegiatannya bermanfaat bagi kehidupan bersama dan anggotanya terdiri dari orang-orang yang unggul secara kademis.

Komunitas ini pada awalnya bernama Green Star yang anggotanya adalah pribadi-pribadi yang mempunyai kemampuan akademik diatas rata-rata dari siswa-siswa MAN Gombong dan mempunyai kepedulian pada kelestarian alam dan lingkungan. Komunitas ini di bentuk pada tanggal 27 Desember 2012 pada saat kegiatan "Susur Pantai Tanggulangin - Suwuk", saat itu komunitas tersebut belum mempunyai nama. Nama Green Star sendiri baru diperkenalkan ketika akan diadakan kegiatan Reboisasi 1. Namun karena berabagai alasan dan pertimbangan, Green Star berganti nama menjadi "Metamorforce" pada tanggal 2 Februari 2013.
Susur Pantai Tanggulangin - Suwuk
Dari segi bahasa "Metamorforce" berasal dari kata "Metamorf" dan "Force". Metamorf berarti berubah, dan Force berarti kekuatan. Secara filosofi, Metamorf mempunyai arti berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan memberikan perubahan pada alam dan lingkungan. Sedangkan filosofi Force adalah anggotanya merupakan pribadi yang tangguh secara fisik, mental, dan akademik. Dengan demikian Metamorforce adalah sebuah komunitas yang anggotanya terdiri dari pribadi-pribadi yang tangguh secara fisik, mental, dan akademik, serta mampu memberikan perubahan yang lebih baik pada alam dan lingkungan, dan tentu saja mampu menjaga kelestarian alam dan lingkungan disekitarnya, atas alasan itulah komunitas Metamorfoce mempunyai tag line "The Guard of Nature".

Berdasarkan filosofi diatas, Metamorforce mempunyai Visi, Misi, dan Struktur Organisasi sebagai berikut:
Visi:
  • Pendidikan berbasis komunitas yang peduli dan memberikan perubahan pada alam dan lingkungan

Misi:
  1. Menumbuhkan dan menanamkan rasa cinta pada alam dan lingkungan
  2. Menciptakan komunitas unggul pada dalam bidang akademik yang peduli pada alam dan lingkungan
  3. Memelihara serta melestarikan alam dan lingkungan melalui karya nyata
Struktur Organisasi Metamorforce (Periode 1):
Pembina:
  • Indra YY
  • Diah Erni Ekawati
Ketua:
  • Tabah Setio Asih
Wakil:
  • Nur Janah
Sekretaris:
  • Lis Cahaya Ningrum
Divisi Akademis :
  • Aristiani
Divisi Alam dan Lingkungan:
  • Putra Surya Karismanto
Program Unggulan:
  1. Reboisasi
  2. Pembibitan
  3. Pengolahan Sampah
  4. Latihan Mental, Fisik, dan Akademik
Pada awal didirikannya, komunitas ini telah memprogramkan banyak kegiatan, bahkan beberapa diantaranya telah dijalankan dengan sukses. Walaupun dalam perjalanannya banyak anggota yang datang dan pergi serta berguguran, namun inisiator komunitas telah bertekad seberapapun anggota yang masih bertahan, program kerja yang telah dicanangkan harus tetap dijalankan dengan konsisten dan semangat walaupun dengan sedikit penyesuaian.
Akhirnya, dengan memohon ridlo dari Allah SWT, semoga komunitas ini tetap eksis, diterima oleh masyarakat umum, serta mampu memberikan perubahan yang lebih baik pada alam dan lingkungan, amiin.

 Kebumen, 14 Februari 2013
Admin Metamorforce Blog




 

0 komentar:

Posting Komentar


hit counter

Label

Pengikut Blog