Metamorforce

The Guard of Nature

Hampir 1 tahun komunitas yang mempunyai tag line The Guard of Nature ini berdiri. Sejak debutnya yang pertama pada akhir tahun 2012 pada kegiatan susur pantai Tanggulangin - Suwuk yang diikuti sekitar 26 orang, komunitas ini tetap eksis mengadakan kegiatan yang bermanfaat baik bagi lingkungan maupun bagi para anggota. Komunitas yang awalnya diberi nama Green Star ini menitikberatkan kegiatannya pada dua bidang yaitu bidang akademik dan bidang lingkungan. Bidang akademik dipilih karena para anggotanya adalah para peserta didik yang masih bersekolah formal, mereka membutuhkan tambahan skill lain dibidang akademik selain yang diperoleh di sekolah, sedangkan kegiatan lingkungan dilaksanakan karena kegiatan ini hampir tidak mendapat tempat yang semestinya di daerah Kebumen, atau bisa dikatakan tidak ada wadah bagi para pecinta lingkungan di Kebumen, komunitas ini berusaha mewadahi para pegiat lingkungan agar kegiatannya bisa terarah.

     Komunitas yang sudah berdiri hampir 1 tahun ini bagaimanapun hampir sama dengan kounitas-komunitas lain yang mengalami pasang-surut. Namun demikian kegigihan para anggota dan pengurus sangat luar biasa sehingga patut diacungi jempol karena komunitas ini masih bertahan dan konsisten pada kegiatan yang telah diprogramkan hingga sekarang. Akhirnya sesuai dengan AD/ART dan kesepakatan awal (walaupun belum tertulis dan belum dibakukan), tibalah saatnya para pengurus periode pertama menyerahkan jabatannya pada anggota yang lain. Akhirnya pada hari minggu tanggal 15 September 2013 diadakanlah reorganisasi pengurus yang diawali dengan hiking dari Karang Bolong, menuju pantai Menganti yang sebelumnya melalui pantai Pecaron dan diikuti sekitar 40 orang dengan menggandeng mahasiswa UMP Purworejo dan STAINU Kebumen.

     Reorganisasi ini dilaksanakan dengan mengambil tempat di pantai Menganti yang berpasir putih setelah para anggota sholat dzuhur dan makan siang. Dalam Reorganisasi tersebut ditunjuklah Nur Janah sebagai ketua dan Fajar T (baru bergabung) sebagai wakil ketua oleh pembina dan ketua lama sdr. Tabah SA. Para anggota lainpun menyetujuinya tanpa ada yang membantah, sementara itu pengurus komunitas seperti koordinator bidang akademik, koordinator bidang reboisasi, bendahara dan lain-lainakan ditentukan kemudian.  
Suasana Reorganisasi
     Kami ucapkan terima kasih kepada pengurus Metamorforce periode I yang telah bekerja keras mengawal dan melaksanakan program kerja sehingga awalnya Metamorforce hanyalah sebuah embrio yang tidak diperhitungkan namun sekarang menjadi komunitas yang dikenal oleh masyarakat. luas. Kami juga ucapkan selamat dan sukses untuk pengurus Metamorforce periode II, tugas baru sudah menanti. Tantangan kegiatan kedepan lebih berat, karena bukan hal ringan mempertahankan apalagi meningkatkan eksistensi Metamorforce di mata Masyarakat yang mayoritas skeptis dengan kelestarian alam dan lingkungan. Namun bukan orang yang Force kalau bukan anggota Metamorforce, tantangan apapun harus dihadapi dan pasti bisa dilalui dengan sukses. 
So... Nothing's Impossible...

Pengurus Metamorforce 2012-2013
Nur Janah (Ketua)     Fajar T (Wakil)



 

0 komentar:

Posting Komentar


hit counter

Label

Pengikut Blog